Tom Clancy’s H.A.W.X

Tom Clancy’s H.A.W.X


hawx-3
Setelah menunggu beberapa bulan, akhirnya dvd game H.A.W.X dari pengembang game Ubisoft sudah bisa didapatkan di toko – toko game terdekat. Langsung saja kita bedah isi game ini. Menu utama game ini menghadirkan campaign story mode untuk single player dan Kooperatif via Xbox Live dan untuk multiplayer mode akan mendukung mode permainan, seperti Team Deatmatch, dimana gamer dapat menantang teman – temannya melalui koneksi Xbox Live maupun system link X360.
Cerita game ini berseting pada konflik di game Tom Clancy’s End War dan Tom Clancy’s Ghost Recon Advanced Warfighter. Contoh pada salahsatu misi di game ini yang berhubungan dengan Tom Clancy’s Ghost Recon Advance Warfighter 2, Dimana pada game tersebut, gamer berperan sebagai pasukan GRAW memanggil serangan udara untuk membombadir suatu wilayah. Dan di game H.A.W.X, gamer akan berperan sebagai pilot yang menerima misi dari pasukan GRAW untuk membombadir target yang telah ditentukan.
Akan ada 17 misi dengan puluhan objektif yang mesti diselesaikan oleh gamer. Dengan misi – misi yang disajikan bersifat dog fight (pertempuran di udara yang seru dan sengit), pengeboman target yang berada di darat maupun di laut, mempertahankan suatu wilayah dari gempuran musuh, dan sebagainya. Dengan total sebanyak 50 jenis pesawat tempur yang tersedia dalam game ini dengan model dan kemampuan tempur seperti yang ada di dunia nyata. Tapi sebagian besar pesawat – pesawat tersebut terkunci dan gamer mesti menyelesaikan misi – misi yang ada untuk dapat membuka pesawat – pesawat tempur yang terkunci tersebut.
hawx-2
Tidak hanya sekedar game pesawat tembak – tembakan saja. Tetapi gameplaynya juga didesain mendalam dengan elemen experience point yang bisa didapat dari seberapa hebatnya gamer dalam memainkan game ini. Semakin banyak exp yang didapat semakin tinggi juga level dan peringkat yang dimiliki. Disamping semakin meningkatnya level dan peringkat yang dicapai, maka semakin banyak juga pesawat tempur, komponen pesawat, dan peta yang kebuka. Pesawat tempur yang berhasil saya coba di game ini, diantaranya adalah MIG, F-22, S-47, dan Rafale. Lokasi – lokasi yang ada di game ini pun diambil dari lokasi di dunia nyata, seperti wilayah Rio De Janiero, Afganistan, Los Angelos, Chicago, dll.
Pengontrolan pesawat yang ada di game ini juga tergolong cukup simpel. Hanya beberapa menit saja, gamer akan mahir menerbangkannya serta membawanya untuk bertempur. Hal ini juga didukung oleh E.R.S (Enhanced Reality System), dimana system canggih ini akan mendeteksi dan memberitahukan posisi target, membantu mengarahkan gamer dalam menghindari misil, membantu gamer dalam menghadang pesawat musuh, hingga membantu gamer dalam bermanuver. Gamer juga dapat menonaktifkan E.R.S untuk mendapatkan tantangan yang lebih berat.
hawx-1
Visual yang disajikan game ini sungguh memukau. Tidak hanya model pesawat tempur yang cukup detil saja, namun daratan dilayar permainan terlihat sungguh tajam dan mendetil dari atas udara. Gerakan pesawat di udara pun terlihat realistis. Sedangkan dari segi suara, juga tak kalah mendukung. Gamer akan dibuat merasakan seolah – olah berada di atas kokpit sebuah pesawat tempur, dengan suara mesin pesawat hingga suara radio dari unit lain cukup membuat permainan semakin realistis saja.
Secara keseluruhan, game Tom Clancy’s H.A.W.X sungguh menjanjikan sebuah game Next-Gen simulasi pesawat tempur yang seru. Bahkan saya merasa lebih seru dibandingkan dengan game serial Ace Combat.
hawx-4
Tom Clancy’s H.A.W.X
Publisher: Ubisoft
Developer: Ubisoft
Genre: Simulasi Terbang
Platform: Xbox360 (juga Playstation 3 dan PC)
Score
Gameplay 80
Graphic 85
Audio 80