Main Farmville Bikin Kartu Kredit Jebol Rp12 Juta

Gara-gara anaknya bermain game FarmVille di Facebook, tagihan kartu kredit seorang ibu di Inggris melonjak sekira 900 poundsterling atau sekira Rp12 juta. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Seperti The Guardian, Jumat (29/10/2010), seorang anak menggunakan kartu kredit ibunya untuk membeli item-item virtual di game pertanian virtual tersebut. Ibunya kaget ketika dalam tagihan kartu kreditnya melonjak menjadi 900 poundsterling dengan keterangan untuk 'Farm Coins and Cash'. Fitur tersebut memungkinkan seseorang mengubah uang tunai menjadi uang virtual yang bisa digunakan untuk membeli bangunan di Farmville dan mengupgrade permainan FarmVille.

Diketahui, anaknya yang masih berusia 12 tahun itu awalnya menggunakan uang tabungan pribadinya senilai 288 poundsterling. Namun karena kecanduan akhirnya ia menggunakan kartu kredit milik ibunya.

Zynga sendiri, selaku pengembang game FarmVille mengatakan tagihan tersebut tak bisa dikembalikan. Namun demikian, akun anak tersebut telah dihapus dari Facebook, tapi Zynga tetap mencatatnya dan masih melindungi password dan data anak tersebut di game.

HSBC selaku, penyedia kartu kredit mengatakan, tagihan tersebut hanya bisa dibatalkan jika ada laporan mengenai kejadian tersebut dari Kepolisian. Laporan tersebut diperlukan untuk memastikan bahwa tindakan tersebut masuk ke dalam kategori kejahatan.
 
 http://techno.okezone.com/read/2010/10/28/326/387600/main-farmville-bikin-kartu-kredit-jebol-rp12-juta