Mengukur Buruk Rupa Lewat Ponse

Perkembangan teknologi dewasa ini mengantarkan telepon selular (ponsel) sebagai perangkat multifungsi. Terlepas dari fungsi utamanya sebagai alat komunikasi, ponsel juga mewujud sebagai perangkat hiburan, bahkan gaya hidup.

Ponsel iPhone misalnya. Menggenapi berbagai fitur canggih sebelumnya, produsen ponsel pintar itu baru saja meluncurkan aplikasi terbaru yang bisa menilai kadar buruk rupa seseorang. Mereka menyebut aplikasi itu dengan: The Ugly Meter.

Cara penggunaannya cukup sederhana. Setelah menginstal aplikasi itu di dalam ponsel iPhone, pengguna dipersilahkan mengambil foto wajah (close-up) seseorang yang hendak dites. Setelah posisi wajah tepat, tekan ikon analisa.
Kadar buruk rupa Christina HendricksBeberapa detik kemudian, layar akan menampilkan skor dengan rentang 1-10. Semakin tinggi skornya, menandakan wajah semakin jelek. Artinya skor 10 menunjukkan karakter wajah paling jelek.

Namun, saat diuji untuk menganalisa wajah beberapa pesohor dunia, aplikasi ini menunjukkan hasil yang cukup kontroversial.

Seperti saat aplikasi ini digunakan untuk menilai  kadar buruk rupa dua juri X-Factor, Cheryl Cole dan Dannii Minogue. Cole mendapat skor 4,2 dari skor terburuk 10, dengan komentar, "Wow Anda jelek, apakah dokter Anda seorang dokter hewan?"

Dannii mendapat skor 9,8 atau kadar buruk rupa yang hampir sempurna. Dannii mendapat komentar, "Anda sangat jelek, tangisan Anda bisa-bisa terkumpul satu gelas." Bahkan bintang televisi Christina Hendricks sempat stres setelah mendapat skor 10.



Namun, aplikasi ini berpihak pada kecantikan Angelina Jolie dengan skor dua berikut komentar, "Anda sangat seksi sehingga membuat matahari cemburu." Sedangkan Brad Pitt mendapat skor lebih buruk dibandingkan Perdana Menteri Inggris David Cameron.

Aplikasi yang diciptakan desainer aplikasi ternama The Dapper Gentlement ini dijual seharga 59 poundsterling atau sekitar Rp 836 ribu di Apple's App Store. Aplikasi ini membutuh ruang penyimpanan sebesar 5,5MB di iPhone.

http://kosmo.vivanews.com/news/read/184055-menguji-kadar-buruk-rupa-lewat-ponsel