Ajarkan anak kecil bahaya api

Mengajarkan anak soal keselamatan saat terjadi kebakaran merupakan hal penting dan serius untuk dilakukan. Latihan menangani api dan mengajarkan cara menyelamatkan diri saat terjadi kebakaran akan berdampak positif pada anak.

Tapi, latihan itu sebaiknya diajarkan dengan cara yang menyenangkan agar mereka memahami dengan baik, seperti dikutip dari Essortment.

Hal pertama yang orangtua harus lakukan adalah memastikan bahwa si kecil memahami bahaya api. Pastikan mereka tahu risiko bermain dengan korek api, lilin, obat nyamuk bakar, kompor gas, atau bahan lain yang mudah terbakar. Anak-anak berpotensi bertindak ceroboh saat berinteraksi dengan semua alat ini, terutama jika tidak mendapatkan pengawasan dari orangtua.

Sebagai langkah awal, rancang pengalaman menyenangkan bagi si kecil dengan mengajak membaca buku-buku tentang bahaya api dan pemadam kebakaran. Ajak si kecil baca buku tersebut bersama dan membahas apa yang bisa terjadi jika tidak berhati-hati dengan api.

Berikan juga pengetahuan mengenai penanganan bencana kebakaran yang bisa saja terjadi kapan dan di mana saja agar ketika terjadi kebakaran mereka mengerti apa yang harus dilakukan.

Dalam latihan menghadapi kebakaran, diskusikan dengan anak tentang cara mencari jalan keluar saat terjadi kebakaran. Beri gambaran pada si kecil tentang jalan keluar seperti apa yang bisa mereka lewati saat terjadi kebakaran. Ingatkan pada mereka bahwa mainan favoritnya bisa diganti, tapi nyawa orang tidak bisa.

Salah satu cara terbaik untuk memberi pengetahuan kepada anak-anak tentang bahaya kebakaran adalah melalui contoh. Kunjungi kantor pemadam kebakaran setempat atau mendatangi rumah yang baru-baru ini terkena musibah kebakaran. Melihat apa yang petugas pemadam kebakaran lakukan dan melihat contoh-contoh dari dampak kebakaran akan membuka mata anak-anak tentang bahaya api.

Ajarkan anak pergi ke rumah tetangga untuk meminta bantuan saat terjadi kebakaran. Cobalah untuk menanamkan kepadanya, meskipun kebakaran itu menakutkan, semua orang perlu tetap tenang. Misi dari latihan ini ialah keluar dari rumah dengan aman.

http://kosmo.vivanews.com/news/read/182945-cara-terbaik-ajarkan-anak-tentang-bahaya-api